Kamis, 07 Oktober 2021

Rambut Rontok? Ini Mungkin Sebabnya


Tips Dan Trik -
Orang Tua saya adalah orang pertama yang berkomentar, "Ada apa dengan semua rambut di wastafel?"

Asisten medis saya berada di urutan kedua, ketika dia menghentikan saya sebelum saya melangkah ke ruang ujian untuk menunjukkan beberapa helai longgar yang tersebar di bahu dan punggung saya. Stylist saya berada di urutan ketiga, ketika saya masuk untuk memotong rambut dan dia berkomentar bagaimana rambut saya terus... jatuh - dan itu sebelum dia mulai memangkas.

Apa yang saya alami sekarang disebut telogen effluvium, bentuk umum dari rambut rontok yang sering saya sebut "penumpahan kejut." (Dermatologists tahu semua tentang hal itu, tetapi kita tidak kebal terhadapnya!) Hal ini dapat terjadi beberapa minggu setelah operasi atau penyakit yang signifikan (termasuk COVID-19), persalinan, perubahan obat, pola makan yang buruk, kekurangan zat besi, kondisi medis tertentu, atau stres tinggi. Saya telah melihat lebih banyak effluvium telogen pada pasien saya selama beberapa bulan terakhir daripada yang pernah saya miliki sebelumnya - jelas karena stres terkait pandemi.

Baca Juga: Jenis Dan Fungsi Lendir Di Hidung

Pria dapat memiliki telogen effluvium, tetapi mereka sering tidak akan menyadarinya jika mereka memiliki rambut pendek. Wanita dengan rambut sedang atau panjang pasti memperhatikan gumpalan besar rambut di sikat mereka, segenggam helai yang terlepas selama sampo, atau diameter ekor kuda yang menyusut. Saat itulah pikiran yang mengerikan dan panik dapat terlintas dalam pikiran Anda: "Oh tidak! Aku akan botak!" 

Inilah kabar baiknya: Bentuk kerontokan rambut ini, meskipun menyedihkan, bersifat sementara dan reversibel (dan, tidak, Anda tidak akan botak darinya). Folikel rambut Anda tidak bekas luka atau rusak. Mereka hanya beristirahat. Rambut di kepala kita terus bersepeda antara fase tumbuh, menumpahkan, dan beristirahat (telogen), dan penumpahan menjadi lebih jelas ketika peningkatan jumlah rambut kita disinkronkan dalam fase istirahat. Tiga sampai 6 bulan kemudian, atau mungkin 12 bulan setelah penumpahan dimulai, Anda harus mulai memperhatikan baik-baik saja, pertumbuhan bayi sebagai rambut mulai tumbuh lagi.

Tetapi beberapa dari kita tidak sabar. Rambut kita bisa menjadi bagian dari identitas kita, penampilan kita, dan kepercayaan diri kita, dan kita ingin mendapatkannya kembali lebih cepat. Apa yang bisa membantu?

Klarifikasi diagnosis. Dokter kulit bersertifikat dapat menilai kulit kepala Anda dan menentukan apakah Anda memiliki telogen effluvium atau bentuk lain dari rambut rontok (ada beberapa jenis, dan saya menemukan bahwa banyak wanita benar-benar memiliki lebih dari satu pada saat yang sama). Mereka mungkin memeriksa pekerjaan laboratorium, mungkin mempertimbangkan biopsi jika diagnosisnya tidak jelas, dan dapat membantu menyesuaikan rencana perawatan yang efektif untuk memberi dorongan pada rambut Anda.

Baca Juga: 12 Cara Alami untuk Mengalahkan Alergi

Lakukan perubahan gaya hidup. Masuk akal untuk mengambil langkah-langkah sehari-hari untuk mengurangi stres, olahraga, dan makan makanan yang sehat, dengan protein. Perawatan rambut yang lembut adalah suatu keharusan. Itu berarti gaya yang tidak terlalu ketat, keramas lembut, dan meminimalkan panas dan bahan kimia yang keras.

Pertimbangkan perawatan dan suplemen. Dermatologists sering merekomendasikan over-the-counter minoxidil (Rogaine) 5% solusi atau busa ke kulit kepala sekali atau dua kali sehari. Beberapa mungkin menyarankan vitamin, seperti Nutrafol atau Viviscal, yang telah ditunjukkan dalam penelitian pada manusia untuk mengoptimalkan lingkungan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan rambut. (Diskusikan dengan dokter Anda apakah suplemen mungkin tepat untuk Anda.)

Prosedur kosmetik yang disebut platelet rich plasma (PRP) dapat merangsang pertumbuhan rambut. Di situlah dokter kulit menarik darah Anda dari pembuluh darah, memisahkan faktor pertumbuhan yang beredar dalam aliran darah Anda, dan menyuntikkannya kembali ke kulit kepala Anda. Suntikan memakan waktu kurang dari 5 menit tetapi bisa tidak nyaman, bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk melihat hasilnya (karena pertumbuhan rambut membutuhkan waktu), dan asuransi tidak mencakup perawatan. Tetapi banyak wanita yang mencobanya memperhatikan peningkatan, terutama selama tiga sesi atau lebih.

Baca Juga: Berpikir Realistis Lebih Baik Daripada Berpikir Optimis

Jadi apa yang saya lakukan saat rambut saya "beristirahat"? Saya mencoba untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya juga. Saya berusaha untuk makan makanan seimbang dan untuk menghilangkan stres melalui olahraga - bahkan jika beberapa hari, itu hanya berarti membawa anjing keluar untuk berjalan cepat. Saya mengambil suplemen rambut yang saya percaya Dan saya akan meminta salah satu teman dokter kulit saya untuk melakukan PRP di kulit kepala saya, jika kita dapat menemukan waktu. Tetapi bahkan jika saya tidak melakukan apa-apa sama sekali, saya tahu rambut saya secara alami akan kembali ke keadaan yang lebih sehat dan lebih penuh dalam beberapa bulan lagi. Jika Anda menderita telogen effluvium, saya yakin Anda juga akan melakukannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar